Pemaparan Awal Hasil Survey Kepuasan Konsumen - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Kep. Bangka Belitung

Butuh Bantuan? WhatsApp-in aja di 08117816340

Berikan penilaian dan saran Anda, isi di http://s.bps.go.id/SKM_online1900

Saat ini Publikasi Prov. Kep. Bangka Belitung 2024 sudah tersedia dan dapat diakses.

Pemaparan Awal Hasil Survey Kepuasan Konsumen

Pemaparan Awal Hasil Survey Kepuasan Konsumen

3 November 2015 | Kegiatan Statistik


    Reformasi birokrasi merupakan salah satu langkah awal untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan professional.

    Kualitas pelayanan yang diberikan oleh BPS perlu dievaluasi secara berkala dan berkesinambungan agar BPS dapat melaksanakan tugas dan perannya dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan statistik.

Pada tahun 2005, BPS menyelenggarakan Survei Kebutuhan Data (SKD) yang dirancang untuk mengidentifikasi ketersediaan dan kesesuaian data serta kepuasan pengguna data terhadap pelayanan BPS.  Pelaksanaan kegiatan tersebut dilanjutkan  pada tahun 2008 hingga 2015. Disamping itu, untuk menilai persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan dan persepsi masyarakat terhadap perilaku anti korupsi di BPS, dibutuhkan Survei Kepuasan Konsumen (SKK) yang dilakukan oleh pihak eksternal BPS guna menjamin independensi hasil survei.

Penilaian   terhadap   kualitas   pelayanan   didasarkan   pada   Surat   Edaran   Menteri Pendayagunaan  Aparatur  Negara  dan  Reformasi  Birokrasi (MenPAN-RB)  No.4/M.PAN-RB/03/2012 tentang Pelaksanaan Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada Seluruh Unit Penyelenggara Pelayanan Publik sedangkan, penyusunan indeks kepuasan konsumen sesuai dengan Permenpan-RB No. 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat  terhadap Pelayanan Publik. Untuk Penilaian terhadap  persepsi anti korupsi didasarkan pada Perpres No.55 tahun 2012 tentang Strategi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (Stranas PPK).


Selasa, 3 November 2015, Konsultan Sucofindo memaparkan hasil Survey Kepuasan Konsumen (SKK). SKK adalah survey yang dilakukan untuk mendapatkan  gambaran  obyektif terhadap kualitas data dan pelayanan BPS serta persepsi masyarakat terhadap prilaku anti korupsi di BPS. Adapun tujuan penyelenggaraan kegiatan Survei Kepuasan Konsumen adalah memberikan gambaran dan analisis tentang segmentasi pengguna data, kulitas data, dan tingkat kepuasan serta rekomendasi terhadap:

a.    Jenis dan kualitas data dan informasi statistik;

b.    Variabel pelayanan yang perlu ditingkatkan;

c.     Perilaku anti korupsi yang perlu ditingkatkan

d.    Aksi tindak lanjut terhadap hasil survei

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (BPS-Statistics Kepulauan Bangka Belitung)Komplek Perkantoran Terpadu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Telp:(0717)439422

Fax: (0717)439425

Mailbox : bps1900@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik